Kamis, 09 Mei 2013

Proposal UKM Antasari Cendekia 2010



PROPOSAL PENDIRIAN UKM ANTASARI CENDEKIA

  1. Dasar Pemikiran
Perguruan tinggi adalah wadah pewarisan dan pengembangan pengetahuan dari generasi ke generasi yang dinamis dan relevan dengan kondisi masyarakat dimana mahasiswa mengeksplorasi penuh potensi dirinya baik sebagai insan pembelajar maupun pengabdi masyarakat.
Menurut Wahyu MS, kultur ilmiah di perguruan tinggi Kalimantan jika dibandingkan dengan perguruan tinggi di Jawa, masih kalah motivasi, lincah dan ulet. Hal ini disebabkan orientasi kuliah sebagian mahasiswa masih sekedar untuk mengejar nilai dan mendapatkan gelar. Sehingga sering terlihat tindakan pragmatis seperti belajar SKS (Sistem Kebut Semalam) dan pelanggaran kejujuran ilmiah dalam pembuatan tugas-tugas ilmiah (plagiat). Selain itu, terjadi stagnasi pengetahuan karena interaksi antara civitas akademika terjalin hambar dan alakadarnya tanpa semangat untuk melakukan pengkajian dan penelitian pengetahuan yang progresif dan dinamis.
Tentunya menciptakan kultur ilmiah yang lebih baik tidak hanya kewajiban dosen dan mahasiswa. Merubah tradisi yang sudah menjadi kelaziman sehari-hari memerlukan propaganda massif dari semua kalangan, dimulai dari perubahan paradigma bahwa kuliah sesungguhnya amanah  mulia untuk meraih pengetahuan sebanyak-banyaknya bukan hanya untuk kemaslahatan pribadi, tapi juga kepentingan bagi orang banyak, bangsa dan negara. Mahasiswa harus disadarkan bahwa ujung pencarian pengetahuan sejatinya adalah bertambahnya keyakinan kepada Tuhan sehingga mereka diharapkan menjadi manusia cerdas secara  intelektual, emosional sekaligus spiritual yang siap berkontribusi bagi kemaslahatan dunia, karena kehidupan pasca kampus yang akan mereka hadapi menuntut kemampuan berkompetisi dan keterampilan hidup yang tinggi.           
    Berdasarkan dari pemikiran di atas, dapat disimpulkan bahwa adanya wadah untuk penggodokan paradigma dan sikap ilmiah yang diiringi pembinaan akhlak dan spiritual merupakan hal yang sangat urgen bagi keseimbangan kehidupan kampus. Karenanya kami berkumpul dalam wadah Antasari Cendekia untuk mewujudkan cita-cita tersebut.

  1. Visi
Menjadi wadah kegiatan mahasiswa dalam bidang kajian interdisipliner dan pembinaan diri yang ilmiah, moderat dan islami.

  1.  Misi
  1. Melakukan pengkajian dan penelitian  dalam berbagai disiplin ilmu melalui pendekatan interdisipliner
  2. Membina anggotanya menjadi mahasiswa IAIN Antasari yang memilki integritas kepribadian, akhlak mulia, jiwa kepemimpinan dan kompetensi akademis.

  1. Tujuan Organisasi

1.    Mencetak kader-kader akademis yang profesional dibidangnya
2.    Menjadi dinamisator kehidupan ilmiah di kampus
3.    Menjadi pusat pengkajian dan penelitian ilmiah interdisipliner mahasiswa IAIN Antasari Banjarmasin.
4.    Berperan serta dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi

  1. Struktur Keorganisasian
1. Dewan Pelindung
Dewan Pelindung adalah pejabat kampus IAIN Antasari yang berwenang untuk memberikan perlindungan dan legalitas keorganisasian kepada Antasari Cendikia


2. Dewan Pakar
Dewan Pakar beranggotakan sivitas akademika IAIN Antasari dan/atau pihak lain yang memiliki kapasitas keilmuwan dan memiliki pengalaman luas dalam dunia ilmiah yang bersedia dipilih oleh pengurus dengan pertimbangan Dewan Pembina dan Dewan Konsultatif.
  1. Dewan Pembina
Dewan Pembina adalah pihak – pihak yang dinyatakan berhak melakukan pembinaan dan rekomendasi pembinaan untuk kader Antasari Cendekia dengan pertimbangan Dewan Konsultatif.

  1. Dewan Konsultatif
Dewan konsultatif adalah alumni dan mantan pengurus Antasari Cendekia yang memegang peran konsultan, pengawas dan pemberi masukan bagi perkembangan Antasari Cendekia.

  1. Ketua Umum Antasari Cendekia
Ketua Umum Antasari Cendekia dipilih melalui Kongres Antasari Cendikia.
  1. Pengurus Harian
Pengurus harian membantu ketua Antasari Cendekia menjalankan aktivitas dan program Antasari Cendikia sesuai tugas masing-masing.
  1. Kegiatan
Kegiatan AC terbagi dalam empat divisi di bawah ini:
  1. Kajian Ilmiah
Kajian ilmiah akan bergerak dalam riset, survei dan propaganda budaya membaca, menulis dan berdiskusi dengan memberikan tugas baca kepada kader dan pendampingan lingkar-lingkar studi ke-IAIN an seperti Lingkar Studi Pemikiran Islam, counter pemikiran liberal, lingkar studi ekonomi Islam, dan lain-lain serta peberian pelatihan teknologi, retorika presentasi, debat ilmiah, menulis ilmiah, dan sejenisnya.

  1. Pengembangan Diri
Pengembangan diri bergerak dalam pembinaan pribadi kader dengan melakukan usaha perbaikan diri kolektif dengan memberikan pelayanan, kontrol dan bimbingan life skill, manajemen emosi, keterampilan hidup dan integrasi nilai-nilai Islami.

  1. Bahasa Asing
Bahasa asing akan bergerak dalam bidang peningkatan kemampuan berbahasa Aran dan berbahasa inggris mahasiswa baik kemampuan membaca, berbicara, mendengar maupun menulis.
  1. Bengkel Jurnalistik Profetik
Bengkel Jurnalistik  Profetik adalah wadah bagi seluruh kader Antasari Cendekia untuk menuangkan hasil diskusi, riset dan kajian-kajian khas Antasari Cendekia dalam bentuk tulisan yang beragam dan berdasarkan nilai-nilai profetik (kenabian, islami) sesuai minat masing-masing agar dapat dinikmati semua pihak.
         
  K. Penutup
          Demikianlah proposal organisasi ini kami sampaikan, atas perhatian kami ucapkan terima kasih.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Ketua Umum Antasari Cendekia




Uswatun Hasanah





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar